Alamat

Jl. Raya Mustikajaya Rt. 02/11 Kelurahan Mustikajaya Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi 17158

Sabtu, 26 November 2011

Tips Agar Mudah Bangun Malam


Dalam hal ini penulis mengutip dari dua versi ulama tentang tips-tips agar mudah bangun malam. Yang pertama versi Hujjatul Islam Al Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Al Ghazali Ath Thusi RA. Beliau menyatakan dalam ihya nya “Ketahuilah sesungguhnya bangun malam itu suatu yang sulit dilakukan oleh orang-orang kecuali bagi orang yang beroleh taufik dengan beberapa ketentuan-ketentuannya yang dzhahir dan bathin.
Adapun yang dzohir 4 perkara:
  • Tidak terlalu banyak makan dan minum karena akan membuat tidur dan berat bangun malam. Kalaupun harus makan di malam hari maka sebaiknya jangan langsung tidur akan tetapi berjalan 40 sampai 100 langkah agar mempermudah pencernaan makanan.
  • Tidak melakukan hal-hal yang berat hingga melelahkannya dan membuatnya ngantuk dan mudah tidur
  • Melakukan qailulah (tidur ringan sejenak biasanya seselum dzuhur) di siang hari karena yang demikian itu sunnah dan sangat membantu untuk mudah bangun malam.
  • Menjauhkan perbuatan dosa di siang hari karena dosa apat membuat hati keras dan menjauhkan pelakunya dari penyebab turunnya rahmat Allah. Seorang mengeluh kepada Al Imam Hasan Al Bashri akan kesulitannya bangun malam padahal sudah disiapkan sedemikian rupa, beliau berkata “Dosa-dosamu yang memberatkanmu” dan sebagai tambahan dari penulis, niat yang kuat untuk bangun malam disertai permohonan saat berbaring agar kiranya Sang Khaliq berkenan membangunkan di saat-saat yang paling Ia suka dari malam hari.
Adapun penyebab yang bathin untuk mempermudah bangun malam 4 perkara pula:
  • Membebaskan hati dari sifat hasud dan dengki kepada sesama muslim dan dari bid’ah-bid’ah yang sesat dan dari hanyut dalam memikirkan urusan duniawi hingga membuatnya sedih karena sesunguhnya orang yang selalu susah memikirkan dunia akan sulit baginya bangun malam, kalaupun bangun dalam sholatnyapun takkan konsentrasi kecuali hal-hal yang ia idam-idamkan dari urusan duniawi itu.
  • Memiliki rasa takut kepada Allah yang mempengaruhi dirinya hingga dapat menghempaskan rasa panjang angan-angan
  • Mengetahui keistimewaan bagi orang yang bangun malam lewat ayat dan hadits dan kisah para sholihin hingga mempengaruhi jiwanya untuk rindu dan mengharapkan ganjaran untuk menggapai derajat yang tinggi.
  • Ini adalah yang terpenting dan termulia yaitu memiliki rasa cinta kepada Allah dan keimanan yang sangat kuat hingga menarik dirinya untuk bermunajat dan berledzat-ledzat dengan sang ‘kekasih’dalam suasana romantis. Sebagaimana yang sudah di kemukakan penulis bahwa malam adalah saat menciptakan suasana romantic antara sang kekasih deng Dzat yang dicintainya.
Berikut sekelumit gambaran para kekasih Allah yang menikmati suasana malam. Diantara mereka ada seorang ulama menyatakan “Para penggemar bangun malam merasakan kenikmatan yang lebih nikmat saat bangun malam dibanding ahli maksiat saat maksiat dan kalau malam sudah sirna dari hidup ini maka akupun sudah tak betah lagi di dunia”. Adapula yang berkata “Tak ada yang membuatku sumpek sejak 40 tahun selain terbitnya fajar”. Ada pula yang menyatakan “Kenikmatan munajat bukan bagian dari dunia ini, melainkan sebuah kenikmatan surgawi yang Allah turunkan untuk para waliNya dimana kenikmatan itu takkan dirasakan kecuali oleh mereka”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar